SEKILAS INFO
04-12-2020
  • 3 bulan yang lalu / Merasa Termotivasi Saja Tidak Cukup; Inilah Perspektif “Kegagalan”
  • 3 bulan yang lalu / Mewaspadai Jebakan-Jebakan Dalam Standar Pendidikan
  • 6 bulan yang lalu / Education 1.0, Education 2.0, Atau Education 3.0; Anda Berada Di Posisi Mana?
English Club adalah salah satu ekskul di SMK Trimulia

Latar Belakang

Tujuan pendidikan nasional menurut UU  No. 20 tahun 2003 pasal 4 menyatakan “Pendidikan Nasional bertujuan mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia . sehat, berilmu, kreatif, mandiri, estetis dan demokratis  serta memiliki rasa kemasyarakatan dan kebangsaan“.

Untuk mewujudkan semua itu saat era globalisasi sekarang ini, perkembangan potensi dan daya kompetitif siswa secara maksimal menjadi dambaan segenap warga. Melalui pembinaan potensi siswa diharapkan dapat mewujudkan siswa menjadi generasi yang cerdas, kreatif dan kompetitif.

Berdasarkan kepercayaan pemerintah dan dinas ke pendidikan Tanah datar  bahwa sekolah SMK Trimulia Jakarta memiliki layanan ke unggulan yang mempunyai visi untuk mewujudkan SMK unggulan, bermutu dan berwawasan global di bidang Teknologi Informasi serta memebekali peserta didik dengan IMTAQ dan IPTEK yang seimbang untuk menjawab tantangan masa depan, yang juga untuk menyingkapi masa globalisasi maka kami merasa perlu untuk menngadakan extracurricular English Club

  Kegiatan

Siswa-siswi SMK Trimulia Jakarta penuh dengan layanan unggulan yang memilih extracurricular English Club siswa dapat mengembangkan speaking dan writing mereka (berbicara, menulis dalam Bahasa Inggris) secara aktif dan mampu berkompetensi dalam story telling dan speech contest baik dikabupaten maupun propinsi.

Hasil yang diharapkan

  1. Hasil yang di harapkan yaitu dengan diadakan English Club, siswa dapat menyenangi pelajaran bahasa Inggris dan mereka mampu untuk berbicara, menulis dengan bahasa Inggris .
  2. Membuktikan pada siswa bahwa belajar bahasa inggris adalah sangat menyenangkan dan tidak sulit seperti yang mereka bayangkan.

 

ENGLISH CLUB

  1. KOMPETENSI INTI
  • Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
  • Menghargai dan menghayati etitude dalam berinteraksi yang dilakukan pada proses pembelajaran
  • Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya dalam melaksanakan pembelajaran terhdap ilmu pengatahuan , teknologi, seni, budaya, dll.

 KOMPETENSI DASAR

  • Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa inggris sebagai anugrah tuhan yang maha esa sebagaimana dapat dipelajari
  • Memliki perilaku jujur, disipli, tanggung jawab, dan ambisi dalam menguasi pembelajaran
  • Memahami teksh hasil analisa, observasi, dan tanggapan deksriptif serta lainya.

 INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

  • Siswa dapat memahami teks bahasa inggris baik lisan maupun tulisan
  • Siswa dapat melakukan percakapan sederhana dalam bahasa inggris
  • Siswa dapat melakukan penulisan ilmiah seperti surat, memo, dll secara sederhana
  • Siswa mampu membedakan makna suku kata

 TUJUAN PEMBELAJARAN

  • Agar siswa membaca teks hasil observasi, analisis, dan mampu mengimprove-nya
  • Agar siswa dapat melakukan suatu perckapan bahasa inggris dihari-hari biasa atau english day
  • Agar siswa mendapatkan pronoun session yang baik
  1. MATERI PEMBELAJARAN
  • Dari sumber media digital maupun non digital ataupun melakukan kunjungan suatu karya ilmiah bahasa inggris
  • Mengadakan pembelajaran secara outdoor
  1. ALOKASI WAKTU
  • 2 x 45 menit = 1 jam 30 menit
  1. METODE PEMBELAJARAN
  • Diskusi
  • Penugasan
  • Presentasi
  • Permaianan
  1. KEGIATAN PEMBELAJARAN
  • Pembukaan
    • Siswa wajib merespon salam dan memjawab pertanyaan dari materi yang berkaitan atau materi yang telah dipelajari dalam ekskul english club
    • Siswa menerima informasi kompetensi, materi, tujuanmanfaat dan langkah demi langkah.
  • Kegiatan inti
    • Krgiatan pembelajran dengan memberikan materi yang menarik untuk mempermudah pemahan siswa
    • Pembelajaran diberikan secara kelompok
  • penutupan
    • Siswa bersama guru menyimpulkan pelajaran yang telah dilaksanakan
    • Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan
    • Siswa menyimak informasi mengenai rencana tindak lanjut pembelajaran